Senin, 07 November 2011

batik indonesia

bagi kita semua untuk melestarikannya, bukan begitu?
Kalo kata orang, tak kenal maka tak sayang. Jadi sebelum kita mulai “menyayangi” batik, terlebih dahulu kita harus mengenal jenis-jenisnya. Berikut adalah klasifikasi batik yang sudah saya rangkum:
Jenis Batik Menurut Teknik Pembuatan
Ada tiga jenis batik apabila dibedakan menurut teknik pembuatannya. Proses pembuatannya juga menentukan harga dari batik itu sendiri. Biasanya batik yang buatan tangan akan lebih mahal dibandingkan dengan batik yang menggunakan cetakan.
Batik tulis adalah kain yang dihias dengan teksture dan corak batik menggunakan tangan. Pembuatan batik jenis ini memakan waktu kurang lebih 2-3 bulan.
Batik cap adalah kain yang dihias dengan teksture dan corak batik yang dibentuk dengan cap ( biasanya terbuat dari tembaga). Proses pembuatan batik jenis ini membutuhkan waktu kurang lebih 2-3 hari.
Batik lukis adalah proses pembuatan batik dengan cara langsung melukis pada kain putih.
Jenis Batik Menurut Lokasi Pembuatan
Perkembangan batik tersebar luas di seluruh wilayah Indonesia, jika kita membicarakan lokasi, wah bakalan banyak banget nih jenisnya. Berikut ini adalah jenis batik menurut lokasi yang berhasil saya rangkum dari berbagai sumber, kalo ternyata masih ada yang kurang, tolong tambahin ya hehe
  1. Batik Jawa
  2. Batik Bali
  3. Batik Banyumas
  4. Batik Madura
  5. Batik Malang
  6. Batik Pekalongan
  7. Batik Solo
  8. Batik Tasik
  9. Batik Aceh
  10. Batik Cirebon
  11. Batik Jombang
  12. Batik Banten

Tidak ada komentar: